Serba unik, Serba Menarik, Serba Lucu, Serba Bermanfaat, Serba Ada, SERBA SEGALANYA

18 Maret 2013

Cara Upgrade OS BlackBerry

RIM sering sekali release OS baru buat setiap jenis BlackBerrynya.

Apa itu OS BlackBerry?

OS adalah singkatan Operating System. BlackBerry device adalah smartphone seperti komputer dimana PC ada Windows OS, Mac ada MacOS dan sebagainya. BlackBerry device juga punya OS tersendiri untuk beroperasi devicenya. Seperti OS windows dan mac, OS BlackBerry juga sering di update dengan versi baru untuk memperbaiki system operational / kerja devicenya. Dan RIM menyediakan update OS tersebut secara gratis download melalui website official. User BlackBerry dapat mendownload OS dari website RIM dan instal upgrade sendiri secara mudah.

Yang perlu di perhatikan dan banyak di tanya di Blog Serba Segalanya
  • RIM menyediakan OS khusus buat setiap device, ada harus pilih dan download OS sesuai jenis/model BlackBerry anda. 
  • OS resmi/official disediakan dengan bundling operator untuk beroperasi lancar dengan menu khusus operator (jika ada)
  • RIM tidak menyediakan setiap update OS untuk setiap operator,  namum anda bisa gunakan OS terbaru buat jenis BlackBerry anda dari operator lainnya hanya dengan hapus satu file di dalam file download yaitu file vendor.xml(perhatikan: jenis model BlackBerry tetap harus sama) 
  • Tidak setiap device bisa support OS tertinggi yang dirilis oleh RIM (i.e OS6/7) karena device memory tidak mendukung OS yang memerlukan memory tinggi untuk menjalankannya. RIM akan rilis OS yang cocok buat device anda. Jika anda tidak menemukan OS6/7 untuk device anda, berarti device anda memang tidak mendukung.
RIM sering release OS update buat devicenya, ada jenis LEAKED version sampai ke Official / Resmi. Leaked OS adalah OS beta, yang belum resmi dirilis via website resmi. Anda harus bersedia menemukan error jika menginstal Leaked OS. Official OS adalah OS yang dirilis secara resmi.


Upgrade OS Blackberry cukup mudah dan dapat di upgrade oleh user sendiri. Sudah banyak user yang suka main install BB nya sudah coba upgrade Operating System (OS) Blackberry nya ke OS terbaru dengan sukses.
Karena RIM release OS sesuai dengan operator BIS dalam saat yang berbeda, kadang OS tersebut belum tersedia untuk provider / operator yang kami gunakan. Namum anda masih dapat menggunakan OS tersebut dengan hapus satu file yaitu vendor.xml yang ada di folder OS jika OS yang direlease bukan utk operator anda. (OS tetap resmi dari RIM tapi tidak resmi untuk operator anda)
Contohnya, RIM bisa saja release OS5 terbaru untuk operator Vodafone di UK dan belum ada OS tersebut untuk operator Indonesia. Anda bisa download OS tersebut yang cocok untuk jenis BlackBerry anda dan instal ke BlackBerry anda yang bukan dari operator yang sama.
Browse dan download OS terbaru buat BlackBerry Device anda di SINI NB: Anda hanya bisa download dan instal OS yang tertera jenis/model device anda, tidak bisa instal OS untuk device lainnya.
Cara upgrade OS tersebut dibawah tetap sama jika anda ingin instal OS Leak dengan harus hapus file vendor.xml jika OS yang direlease bukan utk operator anda.

Beberapa toko HP Blackberry menawarkan service upgrade OS versi terbaru dengan harga jasa Rp100.000-Rp250.000. Sarannya jika anda user baru BlackBerry, gunakanlah layanan mereka jika memang inginkan upgrade OS terbaru biar tidak pusing.

Untuk yang lebih faham IT, anda bisa upgrade sendiri dengan petunjuk cara yang di gunakan Radit Manalu (Admin) dibawah ;

Download OS secara Gratis

(memerlukan waktu sekitar 50mins – 3 jam untuk download OS sebesar 250MB, tergantung koneksi internet anda)
Untuk mendownload OS terbaru, silakan browsing di Blackberry OS Firmware atau Forum Blackberry OS pilih OS terbaru sesuai dengan jenis BlackBerry anda, download lewat desktop dan install kepada Desktop anda. Cara Upgrade OS tersebut harus lewat desktop dan tidak bisa lewat BlackBerry.

*Jika anda ingin upgrade OS lewat Blackberry via OTA (over the air) buka di cara Upgrade OS OTA

Warning: Jika anda install OS LEAK yang BUKAN resmi official release oleh RIM, download dan instal dengan resiko sendiri. Untuk update OS and dengan official release dari RIM, silahkan buka cara upgrade OS resmi Blackberry

Penting: Download OS ke PC harus lewat PC dan Instal lewat PC / Desktop Manager
Update: Desktop Manager v6 terbaru bisa search dan detect OS terbaru buat BlackBerry device anda jika online dan lakukan automatic backup data, upgrade OS dan restore data kembali. 

Belum punya BlackBerry Desktop Manager? Download di website BlackBerry

Cara Upgrade OS Blackberry anda ke OS versi Terbaru

(memerlukan waktu sekitar 50mins-70mins untuk backup, upgrade os dan restore data kembali)
  1. Instal BlackBerry Desktop Manager ke komputer anda dari CD atau website BlackBerry.com/desktop
  2. Download OS dari website Blackberry Firmware atau category Blackberry OS Firmware ke komputer anda. penting, pilih sesuai jenis BlackBerry anda. Download OS terbaru.
  3. Setelah download, klik file exe yang anda download (OS) untuk Install OS ke komputer yang akan diupgrade via komputer. Penting Restart komputer anda.
  4. Hapus vendor.xml di C drive -> program files -> common files -> research in motion -> app.loader
  5. Back up data handheld BlackBerry ke komputer dengan Desktop Manager, Baca Cara Backup Blackberry dengan Desktop manager.
  6. Matikan network copot memory card anda (optional)
  7. Wipe handheld (optional hanya untuk hanheld yang memang sudah bermasalah) di BlackBerry dengan cara option -> security options -> general settings -> pencet tombol menu BB -> wipe handheld. Tunggu sampai dengan proses wipe kelar. Kalau OS masih yg 4.2 wipe include 3rd party, kalau OS 4.5 tidak usah. Tapi kalau tidak yakin, wipe semuanya daripada crash.
  8. Klik icon untuk buka software desktop manager, colok BlackBerry nya ke komputer untuk di connect ke desktop manager.
  9. Desktop manager akan otomatis detect untuk synchronize data, lalu akan otomatis check for updates yang muncul OS versi terbaru sebagai updates/upgrade, Ikut petunjuk. (kalau tidak terdetect, restart lagi komputer dan restart desktop manager. NB: Desktop Manager harus distart dan buka dari main menu
  10. Kalau desktop manager masih tidak mendetect OS baru, lakukan upgrade OS secara manual dengan tutup desktop manager dan masuk ke tempat hapus vendor xml, (C drive -> program files -> common files -> research in motion -> app.loader) klik loader.exe dan ikuti petunjuk. (Jika masih tidak bisa detect OS baca kenapa dan cara fix error BlackBerry Desktop Manager tidak detect OS update )
  11. Tunggu sampai benar2 nyala dan booting sampai dengan home screen. Jangan cabut kabel atau mainin kabel data.
  12. Setelah OS telah diupdate, anda harus setting kembali, time, emails account settings, wifi dll… (untuk yang sudah punya BlackBerry ID, anda hanya perlu login ulang BlackBerry ID anda untuk kembalikan semua email accounts dan apps terinstal di appworld)
 SEMOGA BERMANFAAT BAGI PEMILIK BB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar